Jumat, 15 Februari 2013

Pilih-pilih per kopling high performance untuk Honda Karisma.

Mau tak mau harus berurusan dengan per koling nih, karena beberapa hari lalu karisma gw menunjukan gejala selip berlebihan. cirinya, saay di engkol ada gejala slip/ngelos, kalo dah gini berarti harus memperkeras per kopling nih, karena kampas emang baru di ganti..

keling2 toko variasi dan speedshop di bandung dapet juga beberapa alternatif. so buat yang lagi nyari ato mau ganti per kolingnya dengan high performance silahkan simak tulisan saya ini..


gambar penampang coil spring.


Sebelum pemilihan per kopling baik nya kita tahu dulu space untuk per kopling pada rumah kopling karisma. space yang tersediat adalah diameter maksimal 20mm dan tinggi saat per di tekan adalah 12mm. Jadi kebutuhan per kopling yang di perlukan adalah ketika per kopling di tekan habis (lc) tingginya harus kurang dari 12mm!!.

mana pilihannya:

pertamna saya mampir ke speedshop daytona di jalan pungkur, di jumpai ada 2 macam per kopling untuk karisma, pertama merk Daytona jepang dan merk DG, kalo dilihat dari harga DG kayanya buatan lokal. kalo dari spek di kemasan DG kekerasannya 40% up dari per standar, sedangkan Daytona jepang 20% up dari kekerasan per kopling standar. setelah saya coba rasakan spring ratenya memang benar, kekerasannya ga terlalu signifikan di baning standar, dengan penampang ulir jarang, dengan jumlah ulir per 5 ulir, diameter kawat tak terlalu beda dengan standar.

selanjutnya saya mampir ke speedshop variasi 53 di jalan cikawao, ada 2 merk per kopling, yang pertama CLD type kompetisi, cirinya tinggi per lebih tinggi dari standar, dengan kekerasan lebih tinggi dari DG. Kemdian merk Kawahara, tingginya sama dengan standar, dengan kekerasan paling keras diantara per kopling spebelumnya, di tandai dengan diameter kawat yang paling besar.

Kemudian iseng ke toko spare part suzuki, mau beli per kpling smash, yang banyak di bicarakan itu, beli 3 pcs. nyampe rumah langsung di cek, kekerasannya setara dengan CLD atopun setara dengan BRT yang sebelumnya saya pake. tapio tinggi per kopling smash lebih tinggi 5mm dibanding standar hampir sama dengan tinggi per CLD kompetisi.

Dari sekian per kopling yang telah saya cek, berikut kesimpulannya.

Urutan kekerasan per kopling

1. Kawahara
2. CLD, Smash.
3. BRT
4. DG
5. Daytona Jepang.

berikut saran saya terhadap perkopling di atas.

1. kalo memakai produk kawahara, dengan kawat paling besar, (saya belum ukur pastinya) pastikan menggunakan kampas koping dengan ketebalan 2-2.1mm, agar masih tersisa space untuk main kopling. saya rasa bila menggunakan ke enamnya tuas kopling akan terasa sangat keras, dan siap2 memperkuat kontruksi stut koling. Minimal di hardening, karena tahu sendiri bahan stut kopling manual yang ada di pasaran sangat lunak, mudah aus!!. itu kalo dipake ke enamnya, saran saya sih cukup di pake 3 pcs aja, 3 lainnhya pake standar aja.

2. kalo memakai punya smash ato cld, saya rekomendasi di potong aja kelebihan 5mm nya, karena kalo dipaksakan main koling akan hilang, cirinya ketika tuas koling di tarik, mesin tidak koling tak sepenuhnya bebas. rekomendasi kampas koling sama, yaitu harus pake yang tebal 2-2.1mm aja sebanyak 4 pcs!! rekomendasi saya untuk harian, sama mending di pake 3 pcs aja. lainnya standar, biar ga terkesan fitness tangan kiri nya.

3. BRT, kalo pake per kopling ini, kebetulan saya memakainya, jika menggunakan kampas kopling dengan tabal 2.2mm seperti kampas standar ato aspira ato federal cukup pake 3 pcs aja kalo untuk harian. tapi kalo memakai kampas BRT juga yang tebalnya 2.1mm, maka rekomendasi saya justru pake ke enamnya, karena saya pernah coba hanya pake 3pcs, malah selip..

4. nah kalo pake DG dan daytona memang enak kayanya, karena ga terlalu keras, dan dimensi juga mirip standar maka, pilihan kampas kopling juga bebas, mau pake aspira, standar, maupun racing kaya brt, cld, tdr maupun kawahara, ataupun pake kampas daytona sekalian. kemudian saya prediksi mending di pasang ke enamnya, karena ga terlalu keras.

2 komentar:

  1. mau tanya

    kalo 3 buah pake KAWAHARA dan 3 nya lagi pake BRT
    rekomended gak ?

    makasih :D

    BalasHapus
  2. mau tanya

    kalo 3 buah pake KAWAHARA dan 3 nya lagi pake BRT
    rekomended gak ?

    makasih :D

    BalasHapus